Kamis, 07 Agustus 2008
Sumber Kencono Dong Feng

Salah satu armada unggulan milik Po Sumber Kencono, adalah bis dengan mesin DOng Feng
Gambar ini diambil dari koleksi www.bismania.org website resminya bismania community indonesia.
Sumber Kencono VS Sumber Selamat
Dibaca dari judulnya sangat keren sekali kayak pertarungan sepakbola aja heheh, ini sama-sama satu Po yaitu Po. Sumber yang mengambil trayek antar kota antar propinsi (AKAP) di kawasan selatan pulau jawa ini.
Bus sumber ini dikenal sebagai bus berkecepatan tinggi dan sering mengalami kecelakan di daerah Sidoarjo, Mojokerto, Jombang, Ngawi, Nganjuk, dan Madiun.
Saking sering nya kecelakaan bus ini dijuluki bus sumber bencono dalam bahasa jawa atau bus sumber bencana dalam bahasa indonesia.
Akhirnya Di bulan juni 2011 ini Po.Sumber menganti nama Bus sumber Kencono menjadi Sumber selamat, kalau mitos orang jawa bilang Sumber Selamat wie Mugo-mugo selamat terus, amin.
ini dia penampakan sumber kencono dulu:


Sekarang yang sumber selamat:
MUGO-MUGO Selamat
AMIN
spesifikasi mesin bus sumber kencono : HINO AK8J

banyak pihak yg mengibaratkan bus sk mesinnya paling banter,pihak sk akan meluruskan semuanya dna bahakan bis kami sudah masuk STANDAR emisi EURO 2(EROPA) untk gas buang :
Hino AK8
PRODUK Model A 215
PRODUKSI Kode Produksi AK8JRKA-FCJ
PERFORMANCE Kecepatan Maksimum(km/jam) 105 (with ac and non turbo)
Daya Tanjak (tan Ø) 35
MESIN Model J08E-UH
Tipe Diesel 4 Stroke; In-Line
Tenaga Maks (PS/rpm) 215 / 2500
Momen Putir Maks. (Kgm/rpm) 62 / 1500
Jumlah Silinder 6
Diameter x Langkah Piston (mm) 112 x 130
Isi Silinder 7684
KOPLING Tipe Single Dry Plate, with Coil Spring
Diameter 350
TRANSMISI Tipe 6 speeds
Perbanding Gigi -
ke-1 7.663
ke-2 4.751
ke-3 2.898
ke-4 1.844
ke-5 1.288
ke-6 1
mundur 7.173
KEMUDI Tipe Integral Power Steering
Radius Putar Min. (m) 9.9
SUMBU Depan Reverse Elliot, I-Section Beam
Belakang Full floating type with hypoid gear
Perbandingan gigi akhir STD = 5.125
Sistem Penggerak Rear 4x2
REM Rem Utama Air Over Hydraulic,
Rem Pelambat With On Exhaust Pipe
Rem Parkir Internal Expanding tipe pada transmisi output
RODA & BAN Ukuran Rim 20X7.00T-162
Ukuran Ban 9.00-20-14PR
Jumlah Ban 6
SISTIM LISTRIK Accu 12V-120Ah x2
TANGKI SOLAR Kapasitas (L) 200
DIMENSI (mm) Jarak Sumbu Roda 5800
Total Panjang 11180
Total Lebar 2425
Total Tinggi 2100
Lebar Jejak Depan FR Tr 1920
Lebar jejak Belakang RR Tr 1840
Julur Depan FPH 2030
Julur Belakang ROH 3350
SUSPENSI Depan & Belakang Rigid Axle with Semi Elliptic Leaf Spring
BERAT CHASSIS (kg) Depan 2465(calculation)
Belakang 1940(calculation)
Berat Kosong 4405(calculation)
GVWR 14200
jangan coba2...
BalasHapusBakar aja Sumber Kencono atau Sugeng Rahayu
BalasHapus